Willem Id : Bocah Ingusan Ini Dapat Rp 132 Juta Berkat Penemuan Bug Instagram

Willem id - Apa jadinya kalau pengguna Instagram bisa bebas menghapus komentar dan caption foto di posting pengguna lain. Bisa-bisa layanan photo sharing ini akan kacau balau. Hanya dengan hack sana sini sedikit saja, akun pengguna lain bisa diteras dan disalahgunakan oleh orang tak bertanggung jawab.
Tapi tenang saja, aksi hack tersebut ternyata ditemukan oleh seorang anak laki-laki berumur 10 tahun dari Finlandia. Dia menemukan cara nge-hack ini hanya dengan memanfaatkan bug sekuriti dalam kolom komentar Instagram.
bo-trib-1054d52452146d1e44d43765e893587a.jpg
Dilansir The Guardian, untung saja bocah bernama Jani itu tak berbuat iseng. Sebaliknya, dia malah melaporkan dan mendemonstrasikan temuannya tersebut ke tim Instagram. Jani pun mendapatkan hadiah uang sebesar 10.000 dollar AS atau lebih dari 132 juta rupiah.
Dia awalnya hanya menguji apakah kolom komentar di Instagram tersebut bisa menangani kode berbahaya. Ternyata tidak. Dia menemukan fakta mengejutkan bahwa dia bisa menghapus komentar orang lain. Dia bahkan bisa menghapus komentar siapapun, termasuk Justin Bieber. Sejak dulu Jani memang tertarik pada bidang information security dan dia terus mengasah kemampuannya lewat aneka video instruksi di YouTube.

Dia pun langsung memberitahu Instagram soal kelemahan sekuriti ini pada Februari lalu. Bulan Maret, bug tersebut akhirnya sudah diperbaiki. Instagram yang dimiliki oleh Facebook ini membuka seyembara dengan menyediakan hadiah uang bagi siapapun yang bisa menemukan dan melaporkan celah keamanan di layanannya melalui program “bug bounty”.
bo-theguardian-174327477405974e8288726302df646e.jpg
Sejauh ini, program tersebut telah memberikan hadiah uang sebesar 4,3 juta dollar AS atau sekitar 57 miliar rupiah ke lebih dari 800 orang penemu bug. Jani adalah orang termuda yang memperoleh hadiah ini. Dengan uang hadiah sebesar itu, Jani berencana membeli sebuah bola sepak dan sepeda baru.

Seperti apakah sosok Jani?

Jani mengklaim bahwa dirinya sangat tertarik dalam dunia coding dan video game. Perlahan tapi pasti, dia terus mempelajari tentang sistem keamanan informasi dalam dunia teknologi. Rasa tertariknya dengan sistem keamanan di dunia teknologi inilah yang membuatnya kecipratan rezeki nomplok dari Instagram. Selebihnya dia banyak belajar dari menonton beberapa video di YouTube.